Hashim Janji Tetap Sponsori Kegiatan Arkeologi

    Share

    Admin
    FB3 ADMIN
    FB3 ADMIN

    Male
    Jumlah posting : 403
    Age : 32
    Location : indonesia
    Job/hobbies : programmers
    Registration date : 2008-08-01

    hot tread Hashim Janji Tetap Sponsori Kegiatan Arkeologi

    Post by Admin on Wed Jan 14, 2009 10:32 pm



    BAGI pengusaha Hashim S Djojohadikusumo, hari Rabu (14/1) menjadi catatan sejarah yang tak akan terlupakan dalam kehidupannya, menyusul putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Solo (Jateng)-yang membebaskan dirinya dari dakwaan jaksa penuntut umum yang mendakwanya tidak melaporkan kepemilikan benda cagar budaya (enam arca batu koleksi Museum Radya Pustaka Solo).

    Walau menyesalkan adanya dakwaan tersebut, usai mendengarkan vonis bebas dari majelis hakim, kepada pers, adik kandung calon presiden Prabowo Subianto ini menegaskan dirinya tidak pernah akan kapok menggeluti dunia arkeologi. Hashim tetap bertekad melestarikan benda cagar budaya dengan ikut membantu berbagai progam arkeologi.

    "Dengan putusan hari ini, saya semakin bergairah melanjutkan apa yang saya sudah mulai," ujarnya.

    Bersama Yayasan Keluarga Hashim Djojohadikusumo (YKHD), Hashim berjanji akan tetap mendukung prog ram pelestarian benda cagar budaya, seperti mensponsori ekskavasi di Situs Trowulan Majapahit.

    "Terus terang saja, kami saja satu-satunya pengusaha di Indonesia yang tertarik membiayai program-program ini yang sebetulnya enggak ada uang untuk itu, ujar Hashim yang mengaku mendapat kepuasaan melakukan hal ini," katanya.

    Selain di Situs Trowulan, YKHD juga mendukung pemeliharaan prasasti berbentuk perahu kuno yang diperkirakan berusia 500-600 tahun yang ditemukan di Pantai Rembang.

    Hashim juga berjanji akan membant u menfasilitasi pengembalian Prasasti Sangguran (yang dikenal dengan Prasasti Minto) ke Tanah Air. Prasasti yang tingginya sekitar 2 meter dan berat 3,5 ton ini dibuat Raja Kediri tahun 928 Masehi, tetapi dirampas Raffles pada tahun 1814 ketika Inggris me nguasai Pulau Jawa.

    Prasasti itu diserahkan Raffles kepada atasannya Lord Minto (saat itu menjabat Gubernur Jenderal Hindia Belanda) dan dibawa ke Inggris. Selama sekitar 200 tahun, prasasti tersebut tersimpan di kediaman Lord Minto di Skotlandia.




      Current date/time is Mon Dec 05, 2016 1:20 am