Membuat shortcut yang tidak mudah dihapus

    Share


    Registration date : 1970-01-01

    hot tread Membuat shortcut yang tidak mudah dihapus

    Post by  on Thu Jan 15, 2009 9:11 am

    Kalau Anda memperhatikan, pada Desktop komputer Anda pasti terdapat beberapa shortcut yang tidak dapat dihapus. Misalnya shortcut My Documents dan Network Neighborhood. Anda pengen mempunyai shortcut seperti itu ? Caranya cukup mudah walaupun cukup panjang, seperti yang bisa Anda ikuti di bawah
    ini:
    1. Tentukan dahulu folder yang akan dibuatkan shortcut. Dalam contoh ini folder tersebut terletak d D:\Delphi
    2. Masuk ke key HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID. Klik kanan pada key tersebut, pilih New - Key.
    3. Beri nama key tersebut dengan {123456789-ABCD-ABCD-ABCD-123456789ABC} atau nama lain yang Anda inginkan. Yang harus diperhatikan adalah key tersebut belum ada pada HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID dan mengikuti "kaidah" 8-4-4-4-12. Pindah ke panel sebelah kanan dan klik 2x pada Default. Isi dengan nama untuk shortcut yang akan Anda buat. Dalam contoh di bawah ini, nama shortcutnya adalah My Delphi.
    4. Klik kanan pada key baru saja dibuat, dan pilih New - Key. Beri nama dengan DefaultIcon.
    5. Pindah ke panel sebelah kanan, klik dua kali pada tulisan Default. Isi dengan letak icon yang akan digunakan. Dalam contoh ini icon terletak di C:\CHIP\Icon\Skulls\OneEye.ico
    6. Klik kanan pada key, pilih New - Key. Beri nama dengan Shell. Di bawah key Shell buat lagi key Buka. Bikin key lagi bernama Command di bawah Buka.
    7. Pindah ke panel sebelah kanan, klik 2x pada tulisan Default. Isi dengan tulisan seperti di bawah ini. Tapi ganti tulisan D:\Delphi dengan letak folder Anda.
    8. Klik kanan pada key {12345678-ABCD-ABCD-ABCD-123456789ABC} atau key seperti yang Anda buat pada langkah 3 di atas, dan pilih New - Key. Beri nama key tersebut dengan ShellFolder.
    9 . Pindah ke panel sebelah kanan. Klik kanan dan pilih New - Binary Value. Isi dengan Attributes. Klik 2x pada Attributes.
    10 Pindah ke key HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\
    CurrentVersion\explorer\Desktop\NameSpaces. Klik kanan pada NameSpaces, pilih New - Key. Isi dengan key yang Anda buat pertama tadi. Dalam contoh ini adalah {12345678-ABCD-ABCD-ABCD-
    123456789ABC}.
    11. Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar maka akan muncul tampilan di Desktop seperti gambar di bawah ini. Tentunya gambar icon dan nama Foldernya akan berbeda dengan milik Anda.

      Current date/time is Tue Dec 06, 2016 9:56 am