Abdul Kadir Mappong Jadi Wakil Ketua Yudisial MA

    Share


    Registration date : 1970-01-01

    hot tread Abdul Kadir Mappong Jadi Wakil Ketua Yudisial MA

    Post by  on Thu Jan 15, 2009 3:29 pm

    JAKARTA, KAMIS Abdul Kadir Mappong terpilih menjadi Wakil Ketua Bidang Yudisial Mahkamah Agung. Dari 43 hakim agung, yang memilih Abdul Kadir ada 23 orang. Sebanyak 20 surat suara hakim dinyatakan tidak sah karena abstain.

    Sebelumnya, panitia pemilihan memutuskan melanjutkan pemilihan ke babak dua meski Abdul merupakan calon tunggal dalam bursa wakil ketua tersebut.

    Panitia memutuskan untuk melanjutkan ke babak dua karena Abdul Kadir tidak mendapatkan suara 50 persen atau lebih pada putaran pertama.

    Sebelumnya, hakim agung sempat akibat putusan panitia pemilihan yang melanjutkan pemilihan ke putaran kedua meski hanya dengan seorang kandidat.

    Akibatnya, sejumlah hakim agung mengajukan interupsi karena bingung, tentang calon yang akan dipilih. "Kok ini dilanjutkan ke putaran kedua tapi calonnya hanya satu? Bagaimana ini?" tanya hakim agung, Artidjo Alkostar.

    Meski sejumlah hakim masih bertanya-tanya, panitia tetap melanjutkan pemilihan. Ketua panitia tetap meminta agar ke-43 hakim agung segera mengumpulkan surat suara berwarna merah muda yang dibagikan.

    Menurut panitia, berdasar tata tertib, calon yang maju ke babak kedua harus mendapat minimal lima suara hakim agung dan bersedia dicalonkan sebagai wakil ketua. Panitia memutuskan untuk melanjutkan ke babak dua karena Abdul Kadir tidak mendapatkan suara 50 persen atau lebih pada putaran pertama.

      Current date/time is Tue Dec 06, 2016 7:50 am