Hanya Sedikit Buruh yang Tertarik Parpol

    Share


    Registration date : 1970-01-01

    hot tread Hanya Sedikit Buruh yang Tertarik Parpol

    Post by  on Thu Jan 22, 2009 5:57 pm

    JAKARTA, KAMIS Menjelang Pemilu 2009, suara buruh belum mengerucut ke salah satu partai atau capres. Bahkan, menurut survei Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu, hanya 3,6 persen dari 5.123 responden yang memiliki keterlibatan dalam partai politik. Sisanya sebanyak 94,9 persen tak aktif dalam parpol yang menjadi peserta pemilu.

    Hal itu dipaparkan Ketua Presidium Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu dalam Survei Suara Kaum Buruh Menjelang Pemilu di Jakarta, Kamis (22/1).

    "Dari hasil survei, terlihat juga buruh yang tertarik dengan iklan kampanye politik sangat kecil, hanya 20,4 persen, sisanya 76,2 persen tak tertarik pada iklan kampanye partai, capres di media massa," katanya.

    Di antara responden tersebut, menurut Arief, sebanyak 80,7 persen menyatakan telah punya perkiraan partai apa yang dipilih, sedangkan 17,8 persen menyatakan tidak memiliki perkiraan pilihan partai. "Rencananya, survei ini masih akan berlanjut karena masih banyak yang belum digali. Misalnya mengenai partai mana yang akan dipilih, kepada capres mana suara mereka mengarah," tuturnya.

    Mengenai partai politik yang memperjuangkan nasib buruh, berdasarkan hasil survei, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memiliki peringkat tertinggi sebesar 26,7 persen. Menyusul Partai Golkar sebesar 20,1 persen, Gerindra 10,9 persen, dan PPP 7,3 persen. "Tapi saat ini suara kaum buruh masih terbuka, jadi bagi parpol mana pun silakan mendekati kami tapi ada syaratnya," kata Arief.

    Arief mensyaratkan bagi parpol maupun capres yang mendekati harus membawa platform kebijakan sekaligus implementasi ekonomi yang memperbaiki kesejahteraan kaum buruh. "Biaya buruh, biaya pendidikan, biaya transportasi, dan kesehatan yang murah. Selain itu, penggunaan Jamsostek untuk kesejahteraan buruh juga perlu ditekankan," tandasnya.

      Current date/time is Sat Dec 03, 2016 5:14 am