KY Belum Tahu 17 Hakim Pelanggar Kode Etik

    Share


    Registration date : 1970-01-01

    hot tread KY Belum Tahu 17 Hakim Pelanggar Kode Etik

    Post by  on Thu Jan 22, 2009 6:06 pm

    JAKARTA, KAMIS - Mahkamah Agung (MA) belum memberitahukan tentang 17 hakim yang mendapat sanksi berat kepada Komisi Yudisial (KY). Padahal, berdasar Undang-Undang MA yang baru, masalah pelanggaran kode etik diserahkan kepada KY. "Kalau untuk pelanggaran kode etik, mestinya MA menyerahkan itu kepada KY karena UU MA yang baru, pelanggaran kode etik itu diserahkan kepada KY," ujar Ketua KY, Busyro Muqoddas, di sela acara Diskusi Refleksi dan Proyeksi Komisi-Komisi Negara, di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis (22/1).

    "Kami tidak tahu menahu dan tidak ada pemberitahuan tentang 17 hakim yang diberi sanksi," sambungnya.

    Oleh karena itu, KY belum mengetahui apakah ke-17 hakim itu termasuk dalam 41 hakim yang pernah direkomendasikan untuk diberi sanksi ke MA. Namun, KY memberikan apresiasi kepada MA yang telah mengalami kemajuan terkait penegakan kode etik. Langkah konkret MA tersebut, lanjutnya, perlu diapresiasi.

    Menurut Busyro, ini merupakan salah satu indikator ketidaktransparanan MA. KY berharap, kata dia, Harifin A Tumpa dapat menjadi golden momentum untuk memperbaiki keterbukaan di MA. Selain itu, MA diharapkan dapat lebih menghargai hak-hak publik melalui keterbukaan itu.

      Current date/time is Mon Dec 05, 2016 3:31 pm