Departemen ESDM Pasang 3.000 PLTS di Kaltim

    Share


    Registration date : 1970-01-01

    hot tread Departemen ESDM Pasang 3.000 PLTS di Kaltim

    Post by  on Thu Jan 22, 2009 6:24 pm

    SAMARINDA, KAMIS - Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kaltim, M Yakub mengatakan, Departemen ESDM akan memasang pembangkit listrik tenaga surya pada 3.000 rumah.

    Pemasangan dilakukan selama tahun ini, kata Yakub di Samarinda, Kamis (22/1). PLTS akan dipasang di delapan kabupaten yaitu Pasir, Kutai Barat, Kutai Timur, Berau, Bulungan, Tana Tidung, Nunukan, dan Malinau.

    Yakub mengatakan, pembangunan PLTS itu merupakan usul pemerintah provinsi. Kaltim juga mengusulkan pengadaan ribuan PLTS lainnya kepada Kementerian PDT tetapi belum mendapat tanggapan.

    "Hampir semua PLTS dipasang pada rumah-rumah warga di pedalaman yang terpencil atau amat sulit dijangkau jaringan listrik PLN. PLTS mampu menghasilkan 50 Watt peak yang cukup untuk penerangan satu rumah," kata Yakub.

    Pengadaan PLTS di Kaltim sudah berlangsung sejak 1994. PLTS awalnya dipasang di sejumlah rumah warga di Kabupaten Pasir, Berau, dan Kutai; sebelum pemekaran. Sampai kini sedikitnya 14.000 PLTS sudah terpasang.

    Untuk mendukung program PLTS, pemerintah provinsi tahun ini menganggarkan dana untuk pengadaan perlengkapan PLTS. Alat-alat akan diberikan kepada kalangan warga di Berau, Kutai Barat, dan Pasir.

    Alat-alat antara lain aki, BCR, kabel, dan lampu dapat dipakai maksimal tiga tahun dengan perawatan rutin. Alat-alat itu jauh lebih cepat diganti daripada panel surya yang bisa bertahan 25 tahun bila rutin dibersihkan dari debu.

      Current date/time is Sun Dec 04, 2016 11:14 pm