Kelompok Pemberontak Maois Bakar Truk

    Share


    Registration date : 1970-01-01

    hot tread Kelompok Pemberontak Maois Bakar Truk

    Post by  on Thu Jan 22, 2009 6:47 pm

    PATNA, INDIA, KAMIS Pemogokan sehari oleh pemberontak Maois di India timur menutup pabrik-pabrik dan sekolah-sekolah di wilayah pedesaan, Kamis (22/1), kata polisi. Selain itu, pihak berwajib menambahkan, kelompok itu juga membakar truk-truk dan merusak satu menara telepon seluler.

    Pemogokan di tiga negara bagian Jharkhand, Bihar, dan Orissa menyebabkan pekerjaan di tambang-tambang terhenti dan jalan raya diblokir. Pemogokan itu diserukan untuk memprotes kenaikan harga dan apa yang disebut pemberontak penyiksaan polisi terhadap penduduk desa.

    Di Bihar, para pemogok menyebarkan pamflet yang mengecam polisi, mencegat truk-truk di distrik Rohtas, dan membakar 12 kendaraan itu sebelum melarikan diri ke hutan-hutan lebat, kata polisi. "Empat truk mengangkut semen yang diproduksi di sebuah pabrik lokal, sementara yang lainnya kosong," kata Vikas Vaibhav, seorang perwira senior polisi.

    "Kami sedang melakukan operasi untuk menangkap pemberontak Maois yang lari itu," ujarnya.

    Di distrik Gaya, negara bagian itu, pemberontak meledakkan sebuah menara telepon seluler. Insiden itu memaksa pihak berwenang melarang bus-bus dan taksi pergi dari desa ke kota-kota di lokasi yang dikuasai pemberontak. Polisi khawatir masalah-masalah komunikasi akibat aksi pemberontak itu. Polisi tambahan dikirimkan ke sana.

    Bus-bus dan truk-truk tidak beroperasi di daerah-daerah pedesaan negara bagian Jharkhand yang kaya mineral yang berdampak pada pengiriman batu bara dan bauksit dari tambang-tambang yang terletak di pangkalan-pangkalan pemberontak, kata polisi.

    Di negara bagian tetangga, Benggala Barat, pemberontak Maois menutup toko-toko dan pusat-pusat bisnis di tiga distrik. "Kami telah menggelar banyak polisi," kata Raj Kanojia, seorang perwira senior polisi kepada Reuters di Kolkata, ibu kota negara bagian Benggala Barat yang diperintah komunis itu.

    Pemberontak komunis yang mengatakan mereka berjuang bagi hak petani miskin dan buruh yang tidak memiliki tanah, secara rutin menyerukan pemogokan, menyerang properti pemerintah, dan mengincar polisi lokal.

    Perdana Menteri India Manmohan Singh menyebut pemberontak itu tantangan terbesar terhadap keamanan dalam negeri India.

      Current date/time is Sun Dec 04, 2016 12:40 am