Di Turki, Polisi Sedang Getol Tangkapi Warga

    Share


    Registration date : 1970-01-01

    hot tread Di Turki, Polisi Sedang Getol Tangkapi Warga

    Post by  on Thu Jan 22, 2009 6:49 pm

    ISTAMBUL, KAMIS - Polisi Turki menahan 26 orang, termasuk seorang wartawan dan seorang pemimpin serikat buruh, Kamis (22/1), kata media dalam satu penyelidikan apa yang disebut satu komplotan kudeta yang membuat bingung pasar dan menambah ketegangan antara pemerintah dan militer.

    Seorang komandan polisi dan seorang perwira juga dibawa ke Istambul dari kota Antalya di Laut Tengah untuk diperiksa dalam penyelidikan yang meluas, kata kantor berita Anatolia milik pemerintah itu.

    Delapan puluh enam orang termasuk para perwira senior yang sudah pensiun , sedang diadili atas tuduhan punya hubungan dengan satu kelompok nasionalis yang dikenal dengan nama "Ergenekon" yang dituduh bersekongkol untuk menggulingkan pemerintah yang dipimpin Partai AK yang berakar Islam itu di Turki.

    Penahanan-penahanan sedang dilakukan lagi di 13 provinsi, Kamis dan polisi sedang menggeledah kantor-kantor sebuah serikat buruh logam, kata kantor berita itu.

    Militer Turki, yang telah menggulingkan pemerintah sebanyak empat kali dalam 50 tahun belakangan ini , mengecam pemeriksaan itu dan membantah punya hubungan dengan satu komplotan untuk melakukan serangan bom dan pembunuhan untuk membuka jalan bagi satu kudeta.

    Gelombang penahanan awal bulan ini termasuk para perwira aktif, semakin membuat hubungan lebih tegang antara pemerintah dan pihak sekuler yang terdiri militer dan kehakiman.

    Para pengeritik mengatakan Partai AK yang memerintah sedang melakukan penahanan sebagai pembalasan atas sebuah perkara pengadilan tahun 2000 yang berusaha melarang partai itu karena kegiatan politiknya yang anti sekuler.

    Partai AK , yang berakar pada politik Islam tetapi juga merangkul unsur-unsur kanan-tengah dan nasionalis, membantah tuduhan ini.

      Current date/time is Sat Dec 03, 2016 5:19 am