AS dan Korsel Nyaris Senggolan

    Share


    Registration date : 1970-01-01

    hot tread AS dan Korsel Nyaris Senggolan

    Post by  on Thu Jan 22, 2009 6:50 pm

    SEOUL, KAMIS Menteri Perdagangan Korea Selatan (Korsel), Kamis (22/1), menyatakan, pihaknya mengesampingkan negosiasi ulang terkait perjanjian perdagangan bebas dengan AS meski ada pernyataan dari pemerintahan baru AS untuk melakukan perubahan dalam perjanjian itu.

    Tanggapan itu keluar sehari setelah pelantikan Presiden AS Barack Obama yang menyebut perjanjian itu sangat cacat dan menuding terlalu kecil untuk bisa mempersempit ketidakseimbangan yang besar dalam perdagangan otomotif, yang kini lebih menguntungkan Korsel.

    "Bahkan jika AS mengusulkan negosiasi ulang bagi perjanjian perdagangan bebas, kami tidak akan meresponsnya," kata Menteri Perdagangan Kim Jong-Hoon kepada Radio KBS.

    Perjanjian kedua negara itu ditandatangani pada 2007 dan sedang menunggu ratifikasi dari dewan legislatif kedua negara.

    Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton menyebut ketidakseimbangan di perdagangan otomotif selama sidang dengar pendapat bulan ini. Dalam surat jawabannya kepada Senat Komite Hubungan Luar Negeri, ia mengatakan, perjanjian itu memberikan ekspor otomotif Korsel akses bebas secara esensial ke AS. Sementara AS tidak memiliki daya untuk menghilangkan hambatan non-tarif Seoul.

    "Jika Korsel ingin melakukan negosiasi di provinsi vital dalam perjanjian ini, kami akan bekerja untuk mendapatkan solusinya," kata Hillary Clinton.

    Korsel mengekspor sekitar 700.000 mobil ke AS pada 2007. Namun, Negeri Ginseng itu mengimpor mobil AS hanya sebanyak 5.000 unit, demikian data resmi yang dikutip Clinton.

    Namun, para analis mengatakan data itu salah hitung karena mereka mengecualikan lebih dari 125.000 kendaraan yang dibuat anak usaha General Motor di Korsel, sementara itu memasukkan kendaraan yang dibuat pabrik Hyundai di Alabama.

    "Jika produsen otomotif AS ingin meningkatkan pangsa pasarnya di Korsel, KORUS AFTA (perjanjian perdagangan bebas Korea-AS) adalah peluang bagus bagi keduanya," kata Kim. "Semua hal yang telah diberlakukan selama bertahun-tahun sudah tercakup di perjanjian itu."

    Perdagangan Korsel-AS telah mencapai nilai 78,4 miliar dollar AS pada 2007.

      Current date/time is Thu Dec 08, 2016 2:47 pm