Besok, Tim Evaluasi PIM Trowulan Mulai Bekerja

    Share


    Registration date : 1970-01-01

    hot tread Besok, Tim Evaluasi PIM Trowulan Mulai Bekerja

    Post by  on Thu Jan 22, 2009 8:53 pm

    JAKARTA, RABU Mulai Kamis (22/1) besok, Tim Evaluasi Pusat Informasi Majapahit (PIM) akan mulai bekerja di lokasi situs Majapahit, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Salah satu anggota tim evaluasi, Arya Abieta, mengatakan, ia dan delapan orang anggota tim akan berangkat menuju Trowulan dan mulai melakukan tahapan evaluasi.

    Pembangunan PIM yang digarap Departemen Kebudayaan dan Pariwisata sempat mengundang kontroversi karena prosesnya merusak situs kerajaan di abad ke-14 hingga ke-15 itu. Akhirnya, proses pembangunan tersebut dihentikan.

    Arya menjelaskan, timnya akan mengevaluasi apakah perlu dibangun PIM. Jika dipandang perlu, maka akan dicarikan rekomendasi lokasi yang aman tanpa mengganggu keberadaan situs.

    "Pekerjaan rumah utamanya adalah memperbaiki yang rusak. Ibaratnya menambal kapal bocor, mencari tahu kerusakan yang terjadi dan metode apa yang akan dibuat. Kami juga akan mengevaluasi apakah PIM harus ada? Akan coba direkomendasikan lokasi yang aman," kata Arya, Rabu (21/1) di Jakarta.

    Program lainnya, jika proyek PIM memang dilanjutkan, akan diselenggarakan sebuah sayembara untuk menentukan bentuk yang tepat. "Yang penting bikin master plan-nya dulu," lanjut dia.

    Secara bertahap, usulan langkah lanjutan atas situs Trowulan meliputi relokasi, rehabilitasi (merekonstruksi situs yang rusak sesuai kaidah arkeologi), penataan ruang, dan penetapan kawasan situs nasional Majapahit.

    Sementara itu, Ketua Tim Evaluasi Prof Dr Mundardjito mengatakan, kerusakan atau destruksi yang terjadi di situs Trowulan sangat memprihatinkan. Upaya perbaikan harus dilakukan karena lokasi dibangunnya PIM yang berada di tengah situs merupakan lokasi yang paling bagus, paling tua, dan memiliki arti yang paling penting.

    Tim evaluasi diketuai oleh Guru Besar Arkeologi UI Prof Dr Mundardjito dengan anggota tim Dr Daud Aris Tanudirdjo (Arkeolog UGM), Arya Abieta (IAI/Ikatan Arsitek Indonesia), Osrifoel Oesman (IAI), Anam Anis (LSM Gotnan Wilwatikta, Mojokerto), Gatot Gautama (Kepala Subdirektorat Perlindungan Peninggalan Bawah Air Depbudpar), Junus Satrio (Kepala Pusat Litbang Kebudayaan Depbudpar), dan Sonny Chr Wibisono (Kepala Bidang Data dan Publikasi Puslitbang Arkeologi Depbudpar).

      Current date/time is Fri Dec 09, 2016 10:25 pm