LPI Sampaikan Gugatan untuk Presiden ke PN Jakpus

    Share


    Registration date : 1970-01-01

    hot tread LPI Sampaikan Gugatan untuk Presiden ke PN Jakpus

    Post by  on Fri Jan 23, 2009 1:58 pm

    JAKARTA, JUMAT - Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bersama 30 warga Jakarta dan pengacaranya, menyerahkan berkas gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat guna meminta pertanggungjawaban Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

    LPI menilai pasangan tersebut telah melanggar janjinya pada saat maju menjadi Presiden. "Kami menggugat SBY dan JK karena dia telah melanggar janjinya terkait kemiskinan dan pengangguran. Kami menuntut SBY meminta maaf kepada rakyat melalui pidato kenegaraan," ujar Sekjen LPI Ali Ramadan, sebelum menyerahkan berkas ke bagian pengajuan gugatan perdata Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jumat (23/1).

    Menurut dia, Presiden merupakan Presiden yang paling banyak memberikan janji kepada rakyat. "Namun, bukan berarti Soeharto lebih baik daripada SBY lho. Maksud saya paling banyak di era reformasi," jelasnya.

    Saat menyerahkan berkas ini, LPI datang bersama 30 rakyat miskin ibukota sebagai perwakilan rakyat yang merasa dirugikan SBY-JK. Ali mengatakan LPI tidak mempermasalahkan hasil akhir dari gugatan tersebut, mengingat selama ini gugatan kepada presiden tidak pernah tuntas.

    Ali menuturkan LPI hanya ingin memberikan pendidikan politik bagi masyarakat. Rakyat, lanjutnya, harus tahu janji penyelenggara negara tak terkecuali presiden dapat digugat di pengadilan. Rencananya, pengajuan gugatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh seperti Fajroel Rahman, Rizal Ramli, Ray Rangkuti. Namun hingga pukul 11.00 ini, baru Fajroel yang hadir di PN Jakpus.

      Current date/time is Fri Dec 09, 2016 10:26 pm