KM Teratai Prima Ternyata Kapal Baru

    Share


    Registration date : 1970-01-01

    hot tread KM Teratai Prima Ternyata Kapal Baru

    Post by  on Fri Jan 23, 2009 4:46 pm

    JAKARTA, JUMAT - Dirjen Perhubungan Laut Departemen Perhubungan Sunaryo telah menginstruksikan kepada Direktur Perkapalan dan Kelautan serta Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai untuk menginvestigasi secara tuntas data kapal KM Teratai Prima. Pemeriksaan ini terkait kecelakaan yang terjadi di Teluk Majene Parepare, 11 Januari 2009.

    "Kita laksanakan investigasi secara menyeluruh, mulai dari kapal, regulator, personel dan pemilik kapal," kata Sunaryo di Jakarta, Jumat (23/1).

    Sunaryo mengatakan, kecelakaan ini tidak boleh semata-mata disebabkan oleh cuaca, seperti yang diberitakan saat ini. Sebab, berdasarkan keterangan awal, kapal tersebut termasuk produksi baru yakni 1999.

    Selain itu pada Maret 2008, kapal tersebut juga telah mengganti mesinnya. Pergantian mesin sebenarnya bukan sesuatu yang haram. Namun jika dilakukan tidak sesuai prosedur, kemungkinan kecelakaan dapat disebabkan dari motor atau mesin tersebut.

    "Hal ini juga sebagai pembelajaran pada setiap kecelakaan untuk tidak mencari kambing hitam saja," kata Sunaryo.

    Persiapan kru, tambah Sunaryo, harus diselidiki apakah sudah memenuhi syarat atau tidak. Hasil investigasi nanti juga harus dinyatakan secara tegas dan diumumkan secara transparan tanpa melindungi salah satu pihak. Memenuhi syarat atau tidak, harus dinyatakan secara tegas. Dan juga tidak ada kata menyembunyikan diri dari dirjen.

      Current date/time is Wed Dec 07, 2016 9:20 pm