Seribu Perempuan dan Anak NTB Jadi Korban Kekerasan

    Share


    Registration date : 1970-01-01

    hot tread Seribu Perempuan dan Anak NTB Jadi Korban Kekerasan

    Post by  on Fri Jan 23, 2009 4:52 pm

    MATARAM, JUMAT Lebih dari seribu perempuan dan anak di NTB selama 2008 teraniaya karena belum ada aturan yang fokus pada perlindungan dan pencegahan terhadap perempuan dan anak dari korban kekerasan.

    Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Keluarga Berencana (KB) NTB Dra Ratningdiah MH mengemukakan hal itu di Mataram, Jumat, seusai memimpin rapat pemantapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perlindungan dan Pencegahan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan.

    "Jumlah perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan di wilayah NTB cukup banyak sehingga perlu ditempuh langkah-langkah strategis yang mengarah pada perlindungan dan pencegahannya," ujarnya.

    Ia mengatakan, data versi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (APIK) NTB, sampai Desember 2008, lebih dari orang perempuan dan anak menjadi korban kekerasan.

    Versi Polda NTB, jumlah kasus kekerasan yang menimpa perempuan dan anak di wilayah NTB selama 2008 mencapai 216 orang sehingga total perempuan dan anak korban kekerasan pada 2008 lebih dari seribu orang.

    Ia mengatakan, pada umumnya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak itu berupa pelecehan seksual, penganiayaan, dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

    "Fakta itu yang melatari Pemerintah Provinsi NTB menggodok Raperda Perlindungan dan Pencegahan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan," ujarnya.

    Raperda yang lebih fokus pada perlindungan dan pencegahan terhadap perempuan dan anak agar terhindar dari berbagai bentuk tindak kekerasan itu sudah hampir rampung.

      Current date/time is Thu Dec 08, 2016 6:50 pm