Biksu Pentolan Demo Mogok Makan

    Share


    Registration date : 1970-01-01

    hot tread Biksu Pentolan Demo Mogok Makan

    Post by  on Fri Jan 23, 2009 5:22 pm

    BANGKOK, JUMAT Tak main-main kehendak Biksu Gambira menentang pemerintah junta militer Burma. Meski masuk hotel prodeo gara-gara menjadi pentolan unjuk rasa tahun lalu, biksu ini malahan melancarkan aksi mogok makan.

    Bo Kyi dari Asosiasi Asistensi untuk Tahanan Politik Burma yang berbasis di Bangkok, Jumat (23/1), mengatakan, "Biksu Gambira sudah tidak makan sejak sepuluh hari lalu."

    Pemicu aksi mogok makan itu, kata Bo Kyi, adalah larangan pihak penjara Mandalay bagi Biksu Gambira untuk bertemu dengan keluarga yang membesuknya.

    Biksu Gambira dipindahkan dari Mandalay ke penjara ketat Hkamti pada tiga atau empat hari berselang. November tahun lalu, Biksu Gambira divonis 68 tahun penjara atas keterlibatannya memimpin unjuk rasa menentang pemerintah terkait kenaikan harga bahan bakar minyak pada 2007.

    Dalam aksi kekerasan balasan oleh junta militer itu, 31 warga tewas. Sementara, 74 orang dinyatakan hilang.

    Dalam minggu ini, 270 aktivis termasuk biksu serta pemimpin mahasiswa dijebloskan ke penjara oleh pemerintah. Pada pertengahan Januari ini, seorang aktivis mahasiswa malah divonis 104 tahun penjara.

      Current date/time is Sun Dec 04, 2016 11:11 pm