Makam Raja Sepanjang 8 Meter

    Share

    Admin
    FB3 ADMIN
    FB3 ADMIN

    Male
    Jumlah posting : 403
    Age : 32
    Location : indonesia
    Job/hobbies : programmers
    Registration date : 2008-08-01

    hot tread Makam Raja Sepanjang 8 Meter

    Post by Admin on Mon Sep 06, 2010 2:01 pm

    =Sebuah benda cagar budaya berupa makam mantan raja Sintang bernama Djoebair Irawan II panjangnya mencapai 8 meter. Namun, lebar makam tersebut normal seperti makam-makam yang lainnya.


    Makam ini terletak di Kelurahan Kapuas Kiri Hilir, Sintang, sekitar Keraton Al Mukaramah Sintang. Saat wartawan Tribun Pontianak mengunjungi makam tersebut, Minggu (5/9/2010), kondisi makam dalam keadaan cukup memprihatinkan dan tidak terawat. Sampah banyak bertaburan di mana-mana. Padahal, makam ini sudah ditetapkan sebagai benda cagar budaya yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang No 5 Tahun 1992.

    Sultan Sintang HRM Ikhsan Danu Perdana menuturkan, Djoebair Irawan II adalah satu di antara raja yang pernah menjabat di Keraton Al Mukaramah Sintang. Namun, ia tidak ingat secara pasti tahun berapa Djoebair Irawan menjabat dan tahun berapa meninggal.

    "Beliau menjabat di Kerajaan Al Mukaramah Sintang pada saat Kerajaan Sintang masih belum memeluk Islam. Tapi, diperkirakan sekitar abad ke-7 atau abad ke-8 beliau wafat dan dimakamkan di tempat peristirahatannya yang terakhir sekarang ini," katanya. *




      Current date/time is Sun Dec 04, 2016 11:15 pm