tahu kah kamu sejarah dari aliran musiki ini

    Share

    Gober
    Moderator
    Moderator

    Male
    Jumlah posting : 165
    Age : 32
    Registration date : 2010-09-06

    hot tread tahu kah kamu sejarah dari aliran musiki ini

    Post by Gober on Tue Sep 14, 2010 3:06 am

    RAp
    Rap adalah salah satu bentuk pemberontakan terhadap perbudakan. Diciptakan oleh orang-orang kulit hitam yang tertindas oleh orang-orang kulit putih Amerika selama ratusan tahun, rap lebih terdengar seperti orang marah-marah daripada sebuah lagu.
    Sebagian besar orang beranggapan bahwa rap sama dengan hiphop. Mereka lebih sering meyebut rap *atau* hiphop, bukan rap *dan* hihop. Jika dilihat dari berbagai hal, akan terlihat jelas perbedaan antara rap dan hiphop.
    Pertama, rap adalah bagian dari hiphop. Hiphop tanpa rap akan disebut RnB, sedangkan rap bisa berdiri sendiri.
    Kedua, rap identik dengan kehidupan jalanan yang keras, suara sirine, tembakan, kemarahan, dan gangster, sedangkan hiphop lebih cenderung pada kehidupan glamour yang sangat dimanjakan dengan uang -atau chingching-, wanita, mobil mewah, dan perhiasan -yang kita kenal dengan istilah blingbling. Hal ini terlihat dari lirik lagu kedua aliran tersebut.
    Ketiga, melalui iramanya kita akan bisa membedakan mana rap dan mana hiphop. Rap memiliki irama yang lebih menghentak dan statis, sedangkan hiphop memiliki irama yang lebih kaya pada bagian chorus.
    Penyanyi rap akan menjadi penyanyi hiphop ketika kehidupannya sudah mapan. Ada yang beranggapan bahwa ada oknum tertentu yang menginginkan rap menjadi tanpa makna. Mereka merasa terganggu dengan adanya pemberontakan yang diekspresikan melalui rap sehingga mereka sengaja memelencengkan rap hingga menjadi hiphop yang kita kenal sekarang. Oknum tersebut diduga adalah major label yang meroketkan nama-nama penyanyi rap.

    HIphop
    penyanyi hiphop merasa bahwa semua yang mereka dapatkan adalah hasil kerja keras mereka.
    Bagaimanapun, industri musik hiphop -beserta gaya hidup yang ada di dalamnya- memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perkembangan fashion dan pola pikir masyarakat tentang hiphop itu sendiri. Siapa sih di antara kita yang ngga menginginkan kemapanan? Wajar saja jika orang-orang hanya melihat kehidupan mereka dari luarnya saja.

    rap vs punk
    Persamaan rap dengan punk adalah, mereka sama-sama tercipta di tengah-tengah kaum tertindas, mereka sama-sama pemberontak. Dalam liriknya, mereka sama-sama -sedikit banyak- sering menyisipkan kritik-kritik sosial. Perbedaannya tentu saja sudah cukup jelas.Rap lahir di Amerika, sedangkan punk di Inggris.
    Rap diciptakan oleh orang-orang tertindas itu sendiri, sedangkan punk diciptakan untuk membela kaum tertindas. Punkers bisa saja datang dari kalangan yang mapan, tetapi mereka berlaku layaknya orang-orang yang 'tidak dianggap' untuk membuktikan bahwa mereka benar-benar pro rakyat kecil.
    Sebagian dari mereka berasal dari keluarga yang mampu, tetapi mereka lebih memilih mencari uang dengan ngamen bersama kelompoknya. Anak-anak punk juga sering demo memperjuangkan nasib rakyat bawah.
    Punk terkenal dengan D.I.Y (Do It Yourself) -nya. Band-band punk ngga mau gabung sama major label dengan alasan mereka ngga mau diatur-atur. Mereka lebih memilih untuk bebas berkreasi.

    street punks vs nazi punks
    Di dalam pemberontak terdapat pemberontak. Seperti halnya rap memiliki hiphop, maka street punks memiliki nazi punks. Sejauh ini yang saya tahu adalah, bahwa street punks sangat membenci nazi punks.
    Hal ini disebabkan oleh rasialisme yang berkembang di kalangan nazi punks. Menurut punkers pada umumnya, punk tidak megenal rasialisme. Penganut nazi punks terlihat dari tato swastika pada tubuh mereka. Nazi punks banyak terdapat di Pejaten (Jakarta) dan paling banyak terdapat di Bali.

    punk vs hiphop
    Punk sangat membeci kapitalisme. Kapitalisme adalah suatu paham yang membolehkan kita melakukan segala cara untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Punk juga membenci komersialisme juga kemapanan.
    Hiphop, jelas, sangat mencintai ketiganya.
    Perbedaan lainnya adalah, hiphop sangat mencintai fashion. Kadang para penyanyi hiphop menggeluti dunia fashion sebagai usaha sampingan. Lain halnya dengan punk, mereka tidak menyukai fashion, karena selain fashion adalah produk kapitalis, fashion juga menyebabkan munculnya punk palsu yang hanya berpenampilan seperti mereka tetapi tidak tahu inti dari punk itu sendiri.

      Current date/time is Sun Dec 04, 2016 4:47 am