Akhir Misi Pasukan Korea Selatan di Irak

    Share

    Admin
    FB3 ADMIN
    FB3 ADMIN

    Male
    Jumlah posting : 403
    Age : 32
    Location : indonesia
    Job/hobbies : programmers
    Registration date : 2008-08-01

    hot tread Akhir Misi Pasukan Korea Selatan di Irak

    Post by Admin on Mon Dec 01, 2008 2:23 pm



    Senin, 1 Desember 2008 | 11:35 WIB

    BAGHDAD, SENIN Pasukan Korea Selatan telah mengakhiri misinya di Irak. Ini merupakan akhir dari misi koalisi yang difokuskan untuk membangun kembali rumah sakit, jalan, dan sekolah di Irak pascapertempuran.

    Beberapa warga Korea Selatan yakin partisipasi pasukan di Irak tersebut akan memperkuat hubungan Seoul dan Washington. Namun, kritik yang beredar justru menuding misi Korea Selatan di Irak merupakan keterlibatan dalam pertempuran yang tak dapat dibenarkan.

    Kepergian kontingen Korea Selatan yang diberi sandi "Zaitun" itu merupakan eksodus terbaru dari pasukan koalisi pimpinan AS di Irak. Korea Selatan merupakan di antara 13 negara yang memulangkan pasukan menjelang berakhirnya mandat PBB terhadap operasi militer di Irak pada 31 Desember 2008.

    Pasukan yang bertahan di Irak setelah mandat PBB berakhir adalah pasukan AS dan sekutu terkemukanya, yaitu Inggris, Australia, El Salvador, Estonia, dan Romania. "Komposisi pasukan koalisi akan berubah secara signifikan pada saat ini hingga menjelang akhir tahun ini dan bergantung pada keputusan Pemerintah Irak serta para anggota koalisi," kata Kolonel Bill Buckner, juru bicara militer AS.

    Penyebaran pasukan di Irak merupakan upaya yang dinilai tak populer di kalangan warga Korea Selatan yang umumnya berpendapat pertempuran pimpinan AS di Irak itu tak dapat dibenarkan. Sebagai akibatnya, Pemerintah Korea Selatan menghadapi gelombang protes keras dari sejumlah aktivis saat menyetujui permohonan AS atas pengiriman pasukan ke Irak serta sempat memperpanjang masa tugas pasukan tersebut.

    Pasukan Korea Selatan yang bertugas di Irak sempat mencapai 3.600 personil. Namun, Seoul secara berangsur-angsur menurunkan jumlah pasukan itu karena adanya sentimen antiperang di Irak. Terhitung pada Desember 2007 Korea Selatan mengerahkan 650 personel di Irak.




      Current date/time is Wed Dec 07, 2016 7:28 pm