Banyak Pencapaian Peradaban Majapahit Belum Terungkap

    Share

    Admin
    FB3 ADMIN
    FB3 ADMIN

    Male
    Jumlah posting : 403
    Age : 32
    Location : indonesia
    Job/hobbies : programmers
    Registration date : 2008-08-01

    hot tread Banyak Pencapaian Peradaban Majapahit Belum Terungkap

    Post by Admin on Mon Dec 01, 2008 2:38 pm



    Senin, 1 Desember 2008 | 13:22 WIB

    Laporan wartawan Kompas Yurnaldi

    DEPOK, SENIN -- Banyak pencapaian peradaban masyarakat Majapahit yang belum diungkap secara baik, atau bahkan belum disentuh sama sekali. Sebut saja perihal kehidupan maritim dari kejaraan itu, bagaimana armada angkatan lautnya, bentuk perahu, perbekalan, bandar-bandarnya di pantai utara Jawa Timur, dan aktivitas perdagangannya.

    Kenyataan itu diungkapkan peneliti dan dosen dari Departemen Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI), Agus Aris Munandar, pada seminar "Kajian Integratif Pengembangan dan Perlindungan Situs Peninggalan Majapahit di Trowulan", Senin (1/12) di kampus FIB-UI, Depok.

    Majapahit adalah kerajaan bercorak kebudayaan Hindu-Buddha yang banyak meninggalkan jejaknya dalam perkembangan sejarah kebudayaan Indonesia. Kerajaan itu berkembang selama kurang lebih 200 tahun, mulai berdiri tahun 1293 dan diperkirakan runtuh tahun 1521 M. Dalam rentang masa itu banyak raja yang silih berganti memerintah di tahta Majapahit.

    Agus Aris Munandar menjelaskan, sampai saat ini gambaran kota dan tata kota Majapahit belum terungkap dengan lugas, karena uraian kakawin Nagarakrtagama dengan keadaan situs Trowulan sekarang belum berkesuaian.

    "Diharapkan di waktu mendatang gambaran kedaton Majapahit yang mungkin berlokasi di Trowulan dapat diungkap lebih baik lagi, tentu saja dengan dukungan dari berbagai pihak dan dengan upaya penyelamatan 'sisa situs Trowulan' yang sekarang sudah tidak bermutu lagi dari kajian arkeologi perkotaan," tandasnya.

    Dalam seminar itu, Agus mengungkap secara ringkas pencapaian-pencapaian peradaban Majapahit, seperti masalah religi, arsitektur bangunan suci, seni arca dan relief, seni sastra, dan kitab Kutara Manawa.




      Current date/time is Mon Dec 05, 2016 1:24 am