Pengulangan Pilkada Bukti Turunnya Kredibilitas KPU

    Share

    Admin
    FB3 ADMIN
    FB3 ADMIN

    Male
    Jumlah posting : 403
    Age : 32
    Location : indonesia
    Job/hobbies : programmers
    Registration date : 2008-08-01

    hot tread Pengulangan Pilkada Bukti Turunnya Kredibilitas KPU

    Post by Admin on Thu Dec 04, 2008 11:46 pm



    JAKARTA, KAMIS - Keputusan Mahkamah Konstitusi dalam snegketa Pilkada Jawa Timur yang memutuskan pemilihan ulang di beberapa lokasi mencoreng kredibilitas KPU sebagai penyelenggara pemilihan umum dan daerah. Sebelumnya juga ada 11 perkara pilkada meski tidak terbukti.

    "Seharusnya hasil Pilkada berhenti di tiap tempat pemilihan suara (TPS), bukan pada lembaga konstituen," kata Mulyana W Kusumah, mantan anggota KPU, dalam diskusi di Jakarta, Kamis (4/12). Keputusan MK untuk melakukan pemilihan ulang akan menyebabkan kepercayaan publik terhadap KPU semakin kecil, bukan saja kinerja lembaganya tapi juga soal substansi mengenai perhitungan suara.

    Mulyana mengatakan, ada tiga indikator yang mempengaruhi kepercayaan publik terhadap kinerja KPU. Pertama, mengenai ketaatan pada asas yang diatur dalam pasal 2 UU No.22/2007 tentang penyelenggaraan Pemilu. Pasal tersebut menyebutkan bahwa setiap anggota KPU harus mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib penyelenggara pemilu, mendahulukan kepentingan umum dan terbuka. Selain itu, harus bersikap profesionalitas, proporsionalitas, akuntabilitas, evesiensi, dan efektivitas.

    Selanjutnya, anggota KPU harus bebas dari pihak manapun berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan wewenangnya. Terakhir, KPU harus konsisten menegakkan peraturan-peraturan hukum pemilu. Apabila ketidakpercayaan publik terus meluas bahkan menimbulkan arus gugatan yang mengundang otoritas MK, akan menjadi berbahaya. Sebab, persoalannya tidak hanya pelanggaran amanat konstitusi tetapi juga pengabdian nilai-nilai kedaulatan rakyat.

    "Maka dari itu, KPU harus konsisten terhadap peraturan yang dibuatnya sendiri. Selain itu, KPU tidak boleh melindungi anggotanya yang jelas melakukan kesalahan dalam penyelenggaraan pemilu," tegas Mulyana.





    --.666
    Super Moderator
    Super Moderator

    Male
    Jumlah posting : 666
    Age : 98
    Location : GATE FREEDOM
    Job/hobbies : MARKETING / HIKING ,TRAVELING, CAMPING, JUMPING , MALING , SISKAMLING, MANCING , FUCKING & SINGING..
    Registration date : 2008-08-05

    hot tread Re: Pengulangan Pilkada Bukti Turunnya Kredibilitas KPU

    Post by --.666 on Mon Dec 08, 2008 1:43 pm

    Admin wrote:


    JAKARTA, KAMIS - Keputusan Mahkamah Konstitusi dalam snegketa Pilkada Jawa Timur yang memutuskan pemilihan ulang di beberapa lokasi mencoreng kredibilitas KPU sebagai penyelenggara pemilihan umum dan daerah. Sebelumnya juga ada 11 perkara pilkada meski tidak terbukti.




    kalau menurut saya sih bukan hanya kredibilitas KPU yang merosot tapi martabat pemimpin pemimpin daerah tersebut yang merosot kenapa sampai terjadi penggelembungan suara dan terjadi penyelewengan penyelewengan...
    kan aneh ...?
    kalau semuanya bersipat jujur pastinya tak ada pengulangan pemilihan seperti yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia ..dan yang juga rame di perbincangkan Very Happy



    Hidup adalah Anugrah


      Current date/time is Sun Dec 11, 2016 8:42 pm