Kebobrokan Bush Terbuka di Hadapan Obama

    Share

    Admin
    FB3 ADMIN
    FB3 ADMIN

    Male
    Jumlah posting : 403
    Age : 32
    Location : indonesia
    Job/hobbies : programmers
    Registration date : 2008-08-01

    hot tread Kebobrokan Bush Terbuka di Hadapan Obama

    Post by Admin on Thu Dec 04, 2008 11:54 pm



    WASHINGTON, KAMIS Beberapa purnawirawan jenderal AS telah bertemu dengan beberapa penasihat hukum terkemuka presiden AS terpilih, Barack Obama, Rabu (4/12), untuk mendesak penghapusan sistem penahanan, interogasi, dan penganiayaan dalam kampanye menumpas terorisme. Beberapa purnawirawan jenderal yang di antaranya bertemu dengan Eric Holder, calon jaksa agung dalam pemerintahan Obama yang akan dilantik 20 Januari, adalah mantan Panglima Komando Sentral Joseph Hoar dan mantan Komandan Korps Marinir AS Charles Krulak.

    "Presiden AS terpilih, Obama, menjelaskan, warga AS tidak berurusan dengan penganiayaan dan pesan ini harus kita sampaikan ke seluruh dunia bahwa AS adalah bangsa yang menghormati hukum dan menentang penganiayaan. Obama yakin bahwa larangan penganiayaan akan menyelamatkan warga AS dan membantu pemulihan status moral warga AS di seluruh dunia," kata seorang pejabat transisi yang menolak menyebut identitasnya. Pejabat itu menyebutkan, pertemuan dengan para purnawirawan ini berlangsung pada saat yang tepat.

    Para purnawirawan jenderal AS ini memohon agar pemerintahan Obama menghentikan metode interogasi Badan Pusat Intelijen AS (CIA) yang dinilai telah melampaui metode yang digunakan oleh militer AS. Selain menyerukan ditutupnya tahanan AS di Pangkalan Angkatan Laut Teluk Guantanamo, para purnawirawan tersebut juga menginginkan diakhirinya transfer tahanan yang dilakukan oleh CIA ke negara lain yang dikenal dengan penerapan metode penganiayaan.

    Pada Maret Presiden George W Bush memveto legislasi yang diajukan oleh beberapa purnawirawan perwira tinggi yang menginginkan metode interogasi militer tak digunakan oleh CIA. Obama pernah mengkritik penggunaan metode penganiayaan dalam interogasi tahanan dan berjanji menutup tahanan militer Guantanamo.

    Tim pemerintah transisi menjelaskan keputusan mengenai kebijakan terhadap tahanan baru akan disusun setelah pemerintah Obama dilantik dan tim hukum berikut keamanan nasionalnya telah bertugas.




      Current date/time is Tue Dec 06, 2016 9:57 am