Ancaman Gempa di Jawa Diteliti Mulai 2009

    Share

    Admin
    FB3 ADMIN
    FB3 ADMIN

    Male
    Jumlah posting : 403
    Age : 32
    Location : indonesia
    Job/hobbies : programmers
    Registration date : 2008-08-01

    hot tread Ancaman Gempa di Jawa Diteliti Mulai 2009

    Post by Admin on Mon Dec 08, 2008 11:51 am



    JAKARTA, MINGGU - Mulai tahun depan, Pulau Jawa menjadi sasaran penelitian kegempaan setelah Pulau Sumatera. Hal tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana geologi yang berpotensi menimbulkan kerugian materi dan korban jiwa mengingat Pulau Jawa merupakan daerah padat penduduk.

    Terjadinya gempa di Yogyakarta dan tsunami di Pangandaran pada tahun 2006 yang menimbulkan korban jiwa cukup besar telah membuka mata banyak pihak bahwa Pulau Jawa juga rentan terhadap bencana. Sepanjang pantai selatan dihadapkan langsung pada zona subduksi atau pertemuan antara lempeng Australia dan Eurasia di Palung Jawa yang berada di Laut Hindia.

    Sementara di daratan terdapat sejumlah patahan aktif dekat pemukiman padat penduduk seperti Patahan Cimandiri yang melewati Sukabumi, patahan Lembang dan memotong Bandung, patahan Opak di Yogyakarta, dan patahan lain di bagain utara Jawa.

    "Terus terang saja kita belum tahu karakteristik kegempaan di Pulau Jawa makanya akan kita teliti. Kalau Sumatera kita sudah pelajari semua," ujar Dr Hery Harjono, Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI di sela-sela Workshop Geosains untuk Wartawan di Lembang, Bandung, yang berlangsung 5-6 Desember 2008.

    LIPI juga berencana menganalisis sejarah tsunami di Pulau Jawa dengan melakukan pemodelan pergerakan palung Jawa dan penggalian di beberapa titik sampel sepanjang pantai selatan Jawa. Namun, lanjut Hery, tujuan utama penelitian tersebut adalah sosialisasi kepada masyarakat agar siap menghadapi bencana.

    Penelitian tersebut akan dilakukan bersama Japan Science and Technology (JST) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) selama 3 tahun ke depan. Sebanyak 60 peneliti dari Indonesia dan Jepang akan dilibatkan dan dibagi dalam 5 topik penelitian, dari kegempaan patahan, aktivitas vulkanik, potensi ancaman, hingga sosialisasi kepada masyarakat. Untuk tahun 2009, penelitian gempa akan difokuskan di patahan Lembang dan sekitarnya.

    "Mulai tahun depan akan kita lakukan penggalian paritan melalui patahan sehingga bisa melihat zona patahan dan strukturnya. Dengan mengetahui umur lapisan-lapisannya kita harapkan bisa tahun kapan gempa terakhir terjadi," ujar Dr Danny Hilman Natawidjaja, pakar gempa LIPI.




    --.666
    Super Moderator
    Super Moderator

    Male
    Jumlah posting : 666
    Age : 98
    Location : GATE FREEDOM
    Job/hobbies : MARKETING / HIKING ,TRAVELING, CAMPING, JUMPING , MALING , SISKAMLING, MANCING , FUCKING & SINGING..
    Registration date : 2008-08-05

    hot tread Re: Ancaman Gempa di Jawa Diteliti Mulai 2009

    Post by --.666 on Thu Dec 11, 2008 9:42 am

    sepertinya kalau hanya penelitian aja tampa ada tindakan sama aja tuh bohong ( USELESS )
    semestinya mereka para pakar Peneliti juga memiliki ACTION untuk penanggulangan nya,
    kita lihat contoh di Negri Jepang mereka bukan hanya meneliti tapi mereka juga membuat Tindakan yang presfektiv yakni ..... memulainya dengan Pembanguan bangunan bangunan Construksi yang tahan Gempa hingga ke perumahan perumahan Penduduk, juga mereka telah menganjurkan ( Suatu peraturan bagi pengembang )untuk membangun rumah dengan struktur yang tahan Gempa...
    itu karena adanya Comitmen Pemerintah dan Para Peneliti yang ingin memperkecil tingkat kerugian yang diakibatkan oleh gempa itu sendiri.

    so NEGARA kita KAPAN? Very Happy



    Hidup adalah Anugrah


      Current date/time is Sun Dec 11, 2016 6:47 pm