Lembaga Survey Perlu Diatur dan Diawasi

    Share

    Admin
    FB3 ADMIN
    FB3 ADMIN

    Male
    Jumlah posting : 403
    Age : 32
    Location : indonesia
    Job/hobbies : programmers
    Registration date : 2008-08-01

    hot tread Lembaga Survey Perlu Diatur dan Diawasi

    Post by Admin on Mon Dec 15, 2008 12:48 pm



    JAKARTA, SENIN - Banyaknya lembaga survey yang muncul di setiap pilkada hingga pilpres nanti, perlu dibentuk lembaga pengawas dan pengatur yang bersifat independen. Sebab, publik menjadi bingung dan dirugikan mengenai lembaga survey mana yang bisa dipercaya dan bisadijadikan acuan.

    "Harus ada wadah yang mengawasi dan mengatur kualitas kode etik, hingga kinerja setiap lembaga survey," kata Direktur Lembaga Survey Indonesia Syaiful Mujani, dalam seminar bertajuk survey politik dan demokrasi di Indonesia, di Gedung CSIS Jakarta, Senin.

    Syaiful mengatakan, banyaknya lembaga survey terkesan anarkis. Indikasinya, siapa saja bisa melakukan survey dengan metode yang dianggap baik. Parahnya hasil curvey juga bisa dipublikasikan secara bebas di berbagai media massa tanpa melalui proses seleksi.

    Selain itu, kesempatan mencari uang dan sekaligus menguasai pasar, juga menjadi masalah saat ini. Padahal demokrasi kita ditentukan oleh masyarakat dari tingkat bawah hingga atas.

    "Jika benar adanya lembaga survey yang dikendarai oleh kepentingan tertentu, hasil survey bukan memberikan gambaran opini publik, tetapi justru menyetir opini publik," katanya.




      Current date/time is Thu Dec 08, 2016 2:49 pm