Ratusan Monyet Dilarang ke Jawa

    Share

    Admin
    FB3 ADMIN
    FB3 ADMIN

    Male
    Jumlah posting : 403
    Age : 32
    Location : indonesia
    Job/hobbies : programmers
    Registration date : 2008-08-01

    hot tread Ratusan Monyet Dilarang ke Jawa

    Post by Admin on Wed Dec 17, 2008 4:55 pm




    CILEGON, WARTA KOTA Ratusan kera ekor panjang alias monyet (Macaca fascicularis) dari Kampung Bungus, Padang, Sumatera Barat, dilarang masuk ke Pulau Jawa, Selasa (16/12). Kera-kera itu hendak dikirim ke Bogor.

    Menurut Kepala Balai Karantina Hewan di Merak Agus Sunanto, penolakan hewan tersebut masuk ke Pulau Jawa terutama terkait dengan Peraturan Menteri Pertanian No 566 Tahun 2004 tentang Daerah Bebas Rabies. "Dalam hal ini wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten bebas rabies, sedangkan monyet tersebut berasal dari daerah endemis rabies," ungkap Agus.

    Satwa liar tersebut dibawa oleh seorang sopir truk Fuso bernopol BA 9152 SL, Robby Mamuja (24). Sedianya kera berusia satu dan dua tahun itu akan dibawa ke PT Bio Medikal di Jalan Sukahati, Pajelaran, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

    Sebenarnya, kata Agus, sejak truk itu melintas di Bandarlampung, petugas balai karantina setempat sudah melarang Robby membawa hewan-hewan itu ke Pulau Jawa. Tapi sopir tersebut nekat meneruskan perjalanan. "Akhirnya petugas Balai Karantina Lampung ngebel kita. Bersama petugas Pelabuhan Merak, kami lalu menunggunya di sini," ujarnya.

    Setelah tiga jam ditahan di Balai Karantina Hewan di Merak, kera-kera ekor panjang tersebut dikirim ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung. Menurut Agus, semua kasus terkait usaha menyelundupan hewan di Pelabuhan Merak ditangani BKSDA Lampung. "Meskipun dilengkapi dengan surat-surat, hewan-hewan tersebut tak boleh masuk ke Pulau Jawa," ucap Agus yang mengaku tak tahu persis hendak diapakan hewan-hewan itu.

    Tindakan menggagalkan penyelundupan kera ekor panjang dari Sumatera ke Jawa sudah berapa kali terjadi. Tahun 2006, misalnya, sebanyak 60 kera ekor panjang ditahan di Balai Karantina Merak. Video upaya menyelundupkan hewan tersebut bahkan sudah beredar di Youtube.

    Di Indonesia diperkirakan ada 41 jenis hewan primata, mulai dari orangutan (Pongo) di Sumatera bagian utara dan Kalimantan hingga yang terkecil, yaitu tangkasi (Tarsius pumilus) di Sulawesi Utara. Dari jumlah itu, 24 di antaranya merupakan jenis endemik, yakni hanya ditemukan hidup di wilayah tertentu di Indonesia.

    Salah satu primata yang cukup populer di kalangan masyarakat, dari anak-anak hingga orang tua, adalah kera ekor panjang tadi alias monyet. Dengan tingkahnya yang atraktif dan menghibur, tak aneh jika primata ini sering menjadi binatang hiburan keliling dari kampung ke kampung atau pertunjukan topeng monyet. (nir)




      Current date/time is Sat Dec 03, 2016 7:23 am