Kondom Perempuan Belum Pasti Beredar di Yogya

    Share

    Admin
    FB3 ADMIN
    FB3 ADMIN

    Male
    Jumlah posting : 403
    Age : 32
    Location : indonesia
    Job/hobbies : programmers
    Registration date : 2008-08-01

    hot tread Kondom Perempuan Belum Pasti Beredar di Yogya

    Post by Admin on Fri Dec 19, 2008 8:39 pm



    YOGYAKARTA, KAMIS - Kondom perempuan belum dipastikan apakah akan beredar di DIY atau tidak. Juga di provinsi-provinsi lain. Selain karena kelompok pro-kontra sama kuat dan ada sisi benarnya , sebagian kalangan juga berpendapat bahwa alat kontrasepsi itu cukup ribet untuk digunakan.

    Demikian disampaikan Heri Sudiyati, Kepala Seksi Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi Badan Koordinas Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY.

    Kondom perempuan harus diletakkan jauh ke dalam hingga menutup mulut rahim untuk mencegah sperma masuk.

    Jika belum terbiasa, pengguna tidak tahu apakah kondom sudah menutup rapat mulut rahim atau tidak. Untuk memastikan apakah sudah menutup rapat atau belum, tenaga medis bisa membantu. "Tapi kan jadi sangat ribet," ujarnya, Kamis (18/12).

    Tak hanya cara memasang, melepasnya pun harus hati-hati, yakni dari arah belakang. Sepintas, bentuk fisik kondom yang berbahan hampir sama dengan kondom laki-laki ini, bisa membuat penggunanya takut. Sebab, di dasar kondom terdapat spons seukuran tutup gelas.

    Hingga sekarang BKKBN Pusat belum memberi persetujuan kondom itu beredar di Indonesia. Kalau nanti beredar, menurut Rodhiana Sumarwati, staf Seksi Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi BKKBN DIY, harganya lebih mahal ketimbang kondom laki-laki.

    Heri melanjutkan, aktivis perempuan tidak b akal setuju kondom ini karena semakin menyudutkan posisi tawar perempuan. Sebab repot dan membuat si perempuan lagi-lagi tertekan. Namun pemerhati HIV/AIDS beranggapan kondom ini alternatif untuk melindungi perempuan, tatkala si laki-laki tidak mau menggunakan kondom. Dua pihak ini, punya sisi benar masing-masing.

    Kondom perempuan yang tahun lalu pernah menjadi tema perbincangan-menyusul pro dan kontra ATM kondom-sebenarnya sudah disuarakan sejak tahun 1990-an. Kondom perempuan sudah dibuat perusahaan swa sta tapi memang tidak beredar bebas. ATM kondom tahun 2006 lalu sempat ada di tiga tempat di Yogyakarta, salah satunya kantor BKKBN DIY . Namun keberadaannya hanya bertahan tak lebih enam bulan karena menuai aksi protes.

    Penarikan ATM kondom saat itu sebenarnya karena sudah terjadi salah persepsi. Orang mengira siapa saja bebas memasukkan uang ke ATM lalu keluar kondom (laki-laki) dari ATM . Padahal, yang bisa memakai ATM itu adalah peserta KB. Mereka mendapat semacam koin dari BKBBN, dan koin itulah yang dimasukkan ke ATM, bukan uang logam, kata Heri.




      Current date/time is Wed Dec 07, 2016 7:26 pm