200 Miliar Untuk Perbaikan Fungsi Stasiun KA Jabar

    Share

    Admin
    FB3 ADMIN
    FB3 ADMIN

    Male
    Jumlah posting : 403
    Age : 32
    Location : indonesia
    Job/hobbies : programmers
    Registration date : 2008-08-01

    hot tread 200 Miliar Untuk Perbaikan Fungsi Stasiun KA Jabar

    Post by Admin on Sun Dec 21, 2008 3:02 pm

    BANDUNG, MINGGU - Departemen Perhubungan akan mengucurkan anggaran untuk perbaikan sarana, prasarana serta mengoptimalkan fungsi Stasiun KA di Jawa Barat pada 2009 sebanyak Rp 200 miliar.

    "Sudah dianggarkan perbaikan sarana KA diwilayah Jabar sekitar Rp 200 miliar, diprioritaskan untuk perbaikan dan pemeliharaan jalur," kata Menteri Perhubungan Jusman Sjafii Djamal di sela-sela peresmian KRDE "Baraya Geulis" di Stasiun Bandung, Minggu (21/12).

    Menurut Jusman, anggaran sebesar itu diharapkan bisa lebih mengoptimalkan pelayanan kereta api. Selain itu juga akan dilakukan penambahan KRDE baru selain KRDE Baraya Geulis itu. "Animo masyarakat untuk naik kereta api meningkat, itu tak lepas dari peran kesiapan dan ketangguhan sarana dan prasarana nya. Peluang itu jangan sampai lepas, penambahan dan pemeliharaan sarana prasarana sudah menjadi bagian di dalamnya yang harus diperhatikan," kata Jusman.

    Menhub mengatakan, anggaran Rp 200 miliar tersebut tidak untuk pembebasan lahan. "Jalur KA di Jawa Barat tidak ada yang bermasalah dengan lahan, fokus untuk menciptakan kehandalan sarana dan prasarana saja," katanya.

    Jusman menyebutkan, pihaknya juga akan menghidupkan kembali stasiun-stasiun di sepanjang jalur Selatan maupun Jalur Utara dengan menjadikan tempat pemberhentian KA untuk mengangkut penumpang. Khusus untuk jalur Bandung - Tasikmalaya - Banjar, Menhub merencanakan untuk dibuka jalur Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) yang berhenti di setiap stasiun di jalur selatan itu.

    Dengan menjadi tempat pemberhentian KA, maka interaksi masyarakat dengan stasiun akan lebih intensif. Akhirnya Stasiun-stasiun itu menjadi lebih hidup. "Saya bicara dengan pak Gubernur agar jalur KRDE yang akan diluncurkan 2009 itu tak hanya di kawasan Bandung tapi melayani Bandung - Banjar. Yah itu bagus dan kita tindak lanjuti," kata Jusman.

    Pelayanan KRD elektrik itu antara lain sudah dilakukan di jalur Semarang - Solo - Sragen, Semarang - Tegal dan lainnya. "Jalur-jalur itu sangat sukses, kami berharap ke depan jalur Banjar - Tasikmalaya - Bandung bisa direalisasikan," kata Menhub.




      Current date/time is Sat Dec 03, 2016 7:18 am